Kulon Progo, Rabu (11/5/2022) Gembala Baik Yogyakarta bersama Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak melakukan audiensi dan kunjungan kerjasama ke sekolah menengah di Kulon Progo. Dalam rangka program pencegahan kekerasan berbasis gender di lingkungan sekolah di Kabupaten Kulon Progo, Gembala Baik bekerjasama dengan DinsosPPPA Kabupaten Kulonprogo untuk menjangkau sekolah-sekolah yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo.

2 (dua) sekolah menengah itu antara lain SMPK Promasan dan SMA Sanjaya Kulon Progo akan menjadi sekolah pioner sebagai sekolah dampingan Gembala Baik Yogyakarta bersama dengan DinsosPPPA Kulon Progo.

Gabriela Pipit, Anggara Putra, Anne Loreta dari Gembala Baik bersama Sri Lestari (Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinsos PPPA Kabupaten Kulonprogo), pasca diskusi bersama di kantor DinsosPPPA Kabupaten  Kulon Progo bertolak menuju ke SMA Sanjaya di Nanggulan dan SMPK Kemasyarakatan Promasan. Menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dari area perkantoran kabupaten Kulon Progo, kunjungan disambut baik oleh Ibu Wahyu, penanggungjawab bidang kurikulum di SMA Sanjaya. Ibu Wahyu, menyampaikan rasa syukurnya atas rencana kerjasama yang disampaikan oleh pihak DinsosPPPA Kulon Progo sebagai bentuk upaya mendorong Kabupaten Layak Anak, sekaligus menjawab keprihatinan atas tingginya kasus Perkawinan Anak di Yogyakarta khususnya di Kulon Progo dan risiko perundungan di sekolah seperti yang disampaikan oleh Pipit dan Anggara sebagai tujuan kerjasama ini.

Kunjungan berlanjut ke SMPK Kemasyarakatan di Promasan Kulon Progo, 20 menit perjalanan dari titik lokasi SMA Sanjaya Nanggulan. Sekolah menengah pertama dengan akreditasi A ini terletak dalam satu komplek dengan Gereja paroki Promasan. Kedatangan tim kali ini disambut baik oleh Ibu Kepala Sekolah SMPK Promasan Ibu Yoanna Puji Rahayu, Spd. Demikian kerjasama untuk melakukan pencegahan kekerasan berbasis gender termasuk perundungan dan pencegahan perkawinan usia anak di Kabupaten Kulon Progo secara khusus melalui SMPK Kemasyarakatan Promasan ini mendapat kesepakatan.

Melalui program ini Gembala Baik Yogyakarta bersama Dinas Sosial PPPA maupun sekolah dan para pihak akan melakukan studi bersama mengenai kekerasan berbasis gender di sekolah, melakukan pelatihan bagi para siswa dan guru dalam menyiapkan konselor sebaya serta managemen sederhana dalam upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan di sekolah. Sekaligus mendorong pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak dan Kabupaten Layak Anak.

× Bagaimana Kami dapat membantu Anda