Karya Sosial Yayasan Gembala Baik Yogyakarta merupakan karya sosial di bawah naungan para Suster Gembala Baik yang bergerak di bidang perlindungan perempuan dan anak. Karya Sosial yang diberi nama Srikandi Social Services ini memiliki 3 program pendampingan perempuan dan anak penyintas korban kekerasan berbasis gender, antara lain:

ASRAMA KARYA TASIH

Berdiri sejak 3 Agustus 1985 di Kabupaten Bantul, Asrama Karya Tasih hadir sebagai rumah perlindungan perempuan yang mengalami kekerasan berbasis gender, yang secara khusus mengalami kehamilan tidak direncanakan (KTD).

KOMUNITAS SRIKANDI

Dirintis sejak 2015, Komunitas Srikandi merupakan kelompok Ibu tunggal (single mother) dan penyintas kekerasan berbasis gender, yang secara khusus mengalami kekerasan dalam rumah tangga. 

KOMUNITAS ROSE VIRGINIE

Merupakan komunitas yang bergerak dalam perlindungan anak penyintas korban kekerasan dalam rumah tangga di Yogyakarta. Komunitas ini juga berupaya untuk mendorong para Ibu Tunggal (single mother) dalam pemenuhan hak-hak anak.

ASRAMA KARYA TASIH
  • Pendampingan kesehatan ibu dan anak
  • Pendampingan psikologi
  • Pendampingan spiritualitas
  • Advokasi pendidikan
  • Upaya mediasi dan rekonsiliasi
  • Reintegrasi sosial
  • Monitoring pasca pendampingan
KOMUNITAS SRIKANDI
  • Rumah aman sementara
  • Bantuan pendampingan hukum
  • Pendampingan psikologis
  • Pendampingan spiritualitas
  • Support group community
  • Pemberdayaan ekonomi
  • Peningkatan penyadaran dan kapasitas tentang hak anak dan kekerasan terhadap perempuan dan anak
KOMUNITAS ROSE VIRGINIE
  • Rumah aman sementara
  • Bantuan biaya pendidikan
  • Pendampingan psikologis
  • Pendampingan spiritualitas
  • Support group community
  • Peningkatan penyadaran dan kapasitas tentang Hak Anak dan kekerasan terhadap anak dan remaja.

Pendampingan kesehatan

Pemeriksaan rutin oleh bidan kandungan.

Kerja bakti rutin

Nutrisi menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung proses kehamilan. Shelter Karya Tasih menyediakan suplemen makanan untuk mendukung proses kecukupan nutrisi bagi ibu dan bayinya.

Nutrisi menjadi faktor penting dalam kehamilan. Shelter Karya Tasih memastikan setiap makanan mengandung nutrisi yang cukup dalam mendukung proses kehamilan para dampingannya.

Kebun sayur di Shelter Karya Tasih – Gembala Baik, Bantul, Yogyakarta menjadi salah satu sumber pemenuhan nutrisi bagi para dampingan.

Pendampingan psikologis

Workshop psikologi yang didampingi oleh psikolog. Para dampingan diajak untuk memahami perubahan yang terjadi di dalam tubuh dan emosinya pada saat kehamilan. Pada salah satu sesi, para dampingan diajak untuk membuat surat berisi harapan kepada anak-anaknya.

Sesi pendampingan yang dilakukan oleh bidan profesional mempersiapkan para dampingan dalam proses kehamilan dan persalinan.

Sesi pendampingan psikologi oleh psikolog. Peserta diajak untuk memahami perubahan diri selama masa kehamilan dan mempersiapkan diri dalam proses persalinan dan pendampingan anak.

Pendampingan spiritualitas

Suasana ibadah sore di kapel Shelter Karya Tasih – Gembala Baik, Bantul, Yogyakarta.

Kerajinan tangan para peserta sebagai bentuk ekspresi spiritualitas para dampingan di Shelter Karya Tasih – Gembala Baik, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan rohani menjadi salah satu aktivitas yang membantu para dampingan dalam mendekatkan diri kepada Tuhan, diri sendiri dan sesama. Meski didasarkan pada iman Katolik, pendampingan bersifat inklusif dan toleran dimana para dampingan dari berbagai agama diterima dengan baik.

Advokasi Kesetaraan Gender

Workshop kesetaraan gender. Para dampingan diajak berdiskusi mengenai bentuk-bentuk kekerasan dan cara menghindarinya. Kekerasan gender seringkali tidak disadari atau dianggap biasa oleh masyarakat. Kegiatan ini memberikan pemikiran kritis agar para dampingan dapat mengenali bentuk-bentuk kekerasan dan menghindarinya.

Keterampilan dan pemberdayaan ekonomi

Kegiatan pembuatan kerajinan tangan. Selain sebagai bentuk terapi agar para dampingan belajar memfokuskan pikiran, kegiatan ini juga menjadi salah satu bekal kemampuan untuk pemberdayaan ekonomi. Beberapa alumni melanjutkan keterampilan ini dan dapat menjual beberapa produk untuk mendukung ekonomi keluarga.

Kaos kaki bayi rajut karya peserta pendampingan. 

Peralatan merajut.

Mediasi dan Rekonsiliasi

Kegiatan mediasi bagi pasangan yang mengalami tindakan kekerasan dalam berpacaran atau pun yang sudah berumahtangga. Mediasi melibatkan kedua belah pihak agar dapat mendengarkan pendapat dari berbagai pihak, tidak menghakimi dan mampu mencari solusi yang terbaik.

Reintegrasi dan monitoring

Kunjungan ke rumah salah satu penyintas yang telah menyelesaikan program pendampingan. Kunjungan menjadi sarana penting untuk melihat bagaimana penyintas kembali ke masyarakat, berhadapan dengan stigma dan melanjutkan hidupnya.

Usaha peternakan bebek salah satu ibu tunggal. Peminjaman modal melalui koperasi simpan pinjam (credit union) dan pembimbingan wirausaha menjadi cara pemberdayaan ekonomi bagi para ibu tunggal (single mother) yang tergabung dalam komunitas Srikandi.

Setiap pribadi jauh lebih berharga daripada seluruh dunia.

(St. Maria Euphrasia)

DUKUNG KAMI

\

Apresiasi karya kami. Setiap karya adalah doa

\

Bantu kami lewat donasi

\

Berkarya bersama kami

\

Kerjasama bersama kami

× Hubungi Kami