VISI: Setiap pribadi jauh lebih berharga daripada seluruh dunia

(St. Maria Euphrasia)

 

MISI: Berkomitmen untuk menjangkau dengan belas kasih, menghargai dan memberdayakan setiap pribadi secara utuh serta mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik (Congregation of Our Lady of Charity of the Good Shepherd) didirikan oleh Santa Maria Euphrasia pada tahun 1835. Kongregasi yang mengemban misi rekonsiliasi ini memiliki akarnya dalam “Congregation of Our Lady of Charity of the Refuge” yang didirikan tahun 1641 oleh Santo Yohanes Eudes di Perancis dan disahkan oleh Tahta Suci pada tanggal 2 Januari 1666.

Santo Yohanes Eudes mendirikan Kongregasi Bunda Pengasih dari pengungsian (Congregation of Our Lady of Charity of the Refuge) karena hatinya tergerak melihat para wanita yang kondisi hidupnya saat itu memerlukan bantuan untuk hidup secara baik.

Pada saat yang sama hatinya juga tergerak karena sekelompok wanita yang merasa terpanggil untuk menyerahkan diri dan hidup mereka bagi pelayanan. Cinta akan jiwa-jiwa menjadi alasan mengapa Kongregasi ini didirikan. Dengan cinta dan kharisma cinta belas kasih yang dihayati St. Yohanes Eudes dan St. Maria Euphrasia menanggapi kebutuhan pada zamannya.

 

Misi di Indonesia

Saat ini Lembaga Bunda Pengasih Gembala Baik adalah organisasi internasional yang berada di 73 negara. Hadir di Indonesia sejak tahun 1927, dirintis oleh 6 suster dari Belanda. Organisasi ini melaksanakan perutusan yang diinspirasi oleh St. Johanes Eudes dan St. Maria Euphrasia serta memiliki status konsultatif khusus di ECOSOC (Economic Social Council) PBB.

Lembaga Bunda Pengasih Gembala Baik berkomitmen untuk berpihak kepada perempuan dan anak yang terpinggirkan, tertindas, terbelenggu, dalam lingkaran kemiskinan, ketidaksetaraan gender, menjadi pihak yang rentan terhadap kekerasan, perdagangan orang, dan pelecehan hak asasi manusia. Kita yakin dan percaya bahwa mereka berhak mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Manusia merupakan bagian dari alam semesta dan saling berkaitan. Semakin banyak pihak menyadari bahwa kesetaraan untuk perempuan dan anak perempuan harus dijunjung dan dihargai sebagai pribadi yang utuh, semakin besar pengaruh yang mendukung perkembangan manusia. Kemiskinan dapat diatasi, lingkungan sekitar diperbarui dan manusia hidup dalam damai jika ada kesetaraan sejati. Bunda Pengasih Gembala Baik berpihak dan mempertahankan misi ini.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, kami membuka diri bagi setiap pribadi, keluarga, komunitas dan lembaga yang tergerak hatinya, untuk bergabung dan bersama-sama bertanggung jawab dalam perutusan Gembala Baik untuk memperbaiki sistem yang merugikan kaum perempuan dan anak, serta meneruskannya kepada generasi yang akan datang.

” Setiap pribadi jauh lebih berharga daripada seluruh dunia. “

St. Maria Euphrasia

DUKUNG KAMI

\

Apresiasi karya kami. Setiap karya adalah doa

\

Bantu kami lewat donasi

\

Berkarya bersama kami

\

Kerjasama bersama kami

× Hubungi Kami