Susteran Gembala Baik

cerita kami

Sejarah

Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik (Congregation of Our Lady of Charity of the Good Shepherd) didirikan oleh Santa Maria Euphrasia pada tahun 1835. Kongregasi yang mengemban misi rekonsiliasi ini memiliki akarnya dalam “Congregation of Our Lady of Charity of the Refuge” yang didirikan tahun 1641 oleh Santo Yohanes Eudes di Perancis dan disahkan oleh Tahta Suci pada tanggal 2 Januari 1666.

Santo Yohanes Eudes mendirikan Kongregasi Bunda Pengasih dari pengungsian (Congregation of Our Lady of Charity of the Refuge) karena hatinya tergerak melihat para wanita yang kondisi hidupnya saat itu memerlukan bantuan untuk hidup secara baik.

Pada saat yang sama hatinya juga tergerak karena sekelompok wanita yang merasa terpanggil untuk menyerahkan diri dan hidup mereka bagi pelayanan. Cinta akan jiwa-jiwa menjadi alasan mengapa Kongregasi ini didirikan. Dengan cinta dan kharisma cinta belas kasih yang dihayati St. Yohanes Eudes dan St. Maria Euphrasia menanggapi kebutuhan pada zamannya.

1970

Gagasan para suster gembala baik untuk menjajaki kemungkinan membuka rumah Gembala Baik di Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi akan kebutuhan kehadiran dan pelayanan kongregasi suster pada 3 Paroki dalam Kunjungan Sr.M.Patricia Byrne dan Sr. M.Clare Yuvene tahun 1970 kepada Bapak Yustinus Kardinal Darmoyuwono 1970.

Melalui proses discernment, diputuskan bahwa Paroki St.Yakobus Bantul dipilih sebagai rumah baru Gembala Baik dengan pertimbangan:

  • Jumlah umat cukup banyak 5000 orang
  • Tempat strategis (10 km dari kota)
  • Sudah ada tempat yang siap di kontrak dan pastor serta Dewan Paroki siap membantu

1976

Tanggal 28 Desember 1976, Sr M Bernadette Broto dan Sr. M Martha Tukinah memulai berkarya di rumah bari di Perum Rakyat , Bantul. Adapun Karya yang dilakukan:

  • Turut memperhatikan SD Katolik di wilayah Gesikan (murid dan guru), mengajar Pendidikan Agama Katolik
  • Layanan Pastoral; pendalaman iman, rekolesi, kunjungan keluarga dll

1977

Pada tahun 1977 dalam kunjungan Sr.M. Theresa Thong , merumuskan karya -karya dan kegiatan komunitas

  • Mengunjungi keluarga bermasalah
  • Mendampingi remaja dan muda/mudi yang putus sekolah dengan ketrampilan dan kursus menjahit
  • Memberi penyuluhan tentang Gizi dan pendidikan

1980

Secara resmi -Yayasan Gembala Baik Cabang Bantul.

1981

Memulai karya baru di Yogyakarta; Mengajar agama di sekolah dan universitas serta karya pastoral.

1982

Sebagai komunitas Gampingan,Yogyakarta. Sebagai Yayasan Gembala Baik Yogyakarta.

Karya Kami

Asrama Karya Kasih

Berdiri sejak 3 Agustus 1985 di Kabupaten Bantul, Asrama Karya Tasih hadir sebagai rumah perlindungan perempuan yang mengalami kekerasan berbasis gender, yang secara khusus mengalami kehamilan tidak direncanakan (KTD)

Single Mother

Dirintis sejak 2015, Komunitas Srikandi merupakan kelompok Ibu tunggal (single mother) dan penyintas kekerasan berbasis gender, yang secara khusus mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Rose Virgine

Merupakan komunitas yang bergerak dalam perlindungan anak penyintas korban kekerasan dalam rumah tangga di Yogyakarta. Komunitas ini juga berupaya untuk mendorong para Ibu Tunggal (single mother) dalam pemenuhan hak-hak anak.

{
Setiap pribadi jauh lebih berharga daripada seluruh dunia.

– St. Maria Euphrasia

× Bagaimana Kami dapat membantu Anda